Selamat datang di Forum Komunitas Resmi Dukungan BlackBerry. Forum ini adalah tempat pengguna BlackBerry mendapatkan bantuan dari pengguna lainnya dan juga mendiskusikan produk dan layanan BlackBerry. Jika anda baru di forum ini, silahkan klik tautan "Mulai dari Sini" di bawah ini.
Balas
Kontributor
Ezieboziell
Pesan: 26
Terdaftar: ‎02-12-2012

cara mencharge baterai yang baik dan benar untuk menjaga umur baterai

biasanya...

klo kita mencharge baterai BB kita sadar atau gak sadar kita main colok2in kabel ke BB..

tunggu full trus cabut...:Dots:

huhhh kebiasa'an...

sebenernya dari pengetahuan saya ada cara yg lebih baik dan benar dalam mencharge baterai..

bukan cuma buat BB aja sih tapi laptop n segala macem baterai rechargeable...

 

cara yg benar dalam mencharge baterai yg pertama adalah ;

sambungkan dulu kabel charge ke BB..baru selanjutnya colokin charge ke sumber listrik...

Demikian pula pada saat melepas charger. Urutannya yang benar adalah lepas kabel pada sumber arus terlebih dahulu sebelum melepas kabel pada device. Maksudnya adalah untuk mencegah terjadinya arus pendek pada baterai secara langsung...

 

Di dalam charger, normalnya ada sebuah trafo stepdown, dioda, beberapa kapasitor dan beberapa resistor.
Pertama-tama listrik dari sumber listrik akan masuk ke trafo stepdown untuk diturunkan tegangannya.

 

Setelah itu listrik akan berlanjut ke dioda agar listrik yang semula bolak balik (AC) outputnya menjadi searah (DC). Kemudian listrik tersebut akan melewati beberapa kapasitor dan resistor agar listrik output menjadi stabil.

 

Fungsi dari kapasitor yaitu untuk menyimpan listrik sementara sebeum diteruskan dan resistor untuk menahan arus listrik yang berlebihan.

Jadi listrik akan disimpan sementara dalam kapasitor yang berlagak sebagai baterai kecil ini lalu dikeluarkan secara perlahan-lahan.

trus resistor akan menahan listrik yang berlebihan sebelum masuk ke dalam baterai..

Maksud dari urutan pemasangan seperti itu adalah agar listrik yang masuk ke dalam baterai tidak langsung masuk atau hilang secara sekaligus (impulsif) ke dalamnya,

tapi secara perlahan-lahan bertambah sedikit demi sedikit sampai sesuai dengan arus yang seharusnya.

 

Karena, jika listrik masuk secara impulsif dalam jumlah besar, baterai akan kaget dalam menerimanya dan akan beresiko baterai bocor. Demikian pula halnya ketika melepas. Jika input listrik tiba-tiba putus, baterai yang semula menerima supply listrik akan kaget ketika supplynya habis.

 

semoga bermanfaat yah,,,,hehehehh :Genius:

 

Harap gunakan teks biasa.
Jagoan II
Kris
Pesan: 7.820
Terdaftar: ‎29-11-2012

Bls: cara mencharge baterai yang baik dan benar untuk menjaga umur baterai

kayak pernah baca dimana gitu ini tulisan....

maap nih bukannye nuduh...

Kris,
hayoo... udah pada baca Panduan Penggunaan Belum? dan jangan lupa juga baca juga Netiket ya...

Harap gunakan teks biasa.
Ahli III
Eka-Rama
Pesan: 6.058
Terdaftar: ‎18-09-2011

Bls: cara mencharge baterai yang baik dan benar untuk menjaga umur baterai


Ezieboziell menulis:

biasanya...

klo kita mencharge baterai BB kita sadar atau gak sadar kita main colok2in kabel ke BB..

tunggu full trus cabut...:Dots:

huhhh kebiasa'an...

sebenernya dari pengetahuan saya ada cara yg lebih baik dan benar dalam mencharge baterai..

bukan cuma buat BB aja sih tapi laptop n segala macem baterai rechargeable...

 

cara yg benar dalam mencharge baterai yg pertama adalah ;

sambungkan dulu kabel charge ke BB..baru selanjutnya colokin charge ke sumber listrik...

Demikian pula pada saat melepas charger. Urutannya yang benar adalah lepas kabel pada sumber arus terlebih dahulu sebelum melepas kabel pada device. Maksudnya adalah untuk mencegah terjadinya arus pendek pada baterai secara langsung...

 

Di dalam charger, normalnya ada sebuah trafo stepdown, dioda, beberapa kapasitor dan beberapa resistor.
Pertama-tama listrik dari sumber listrik akan masuk ke trafo stepdown untuk diturunkan tegangannya.

 

Setelah itu listrik akan berlanjut ke dioda agar listrik yang semula bolak balik (AC) outputnya menjadi searah (DC). Kemudian listrik tersebut akan melewati beberapa kapasitor dan resistor agar listrik output menjadi stabil.

 

Fungsi dari kapasitor yaitu untuk menyimpan listrik sementara sebeum diteruskan dan resistor untuk menahan arus listrik yang berlebihan.

Jadi listrik akan disimpan sementara dalam kapasitor yang berlagak sebagai baterai kecil ini lalu dikeluarkan secara perlahan-lahan.

trus resistor akan menahan listrik yang berlebihan sebelum masuk ke dalam baterai..

Maksud dari urutan pemasangan seperti itu adalah agar listrik yang masuk ke dalam baterai tidak langsung masuk atau hilang secara sekaligus (impulsif) ke dalamnya,

tapi secara perlahan-lahan bertambah sedikit demi sedikit sampai sesuai dengan arus yang seharusnya.

 

Karena, jika listrik masuk secara impulsif dalam jumlah besar, baterai akan kaget dalam menerimanya dan akan beresiko baterai bocor. Demikian pula halnya ketika melepas. Jika input listrik tiba-tiba putus, baterai yang semula menerima supply listrik akan kaget ketika supplynya habis.

 

semoga bermanfaat yah,,,,hehehehh :Genius:

 


Hai Ezieboziell

 

Nice share ya ... namun ada baiknya sertakan sumbernya dari mana

dan paling tidak dari sumber tsb bisa jadi acuan para member lainnya

 

Maaf sblmnya ...

 

Salam

 

-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ #BBEliteWin

( BBM™an lebih enak pakai BlackBerry® ) #BlackBerry® Z30
Harap gunakan teks biasa.
Ahli III
bekyunita
Pesan: 6.432
Terdaftar: ‎01-09-2011

Bls: cara mencharge baterai yang baik dan benar untuk menjaga umur baterai

@krismianto... tumben halus? hahahaha

@Ezieboziell... saya juga pernah baca nih, dimana ya?

yang protes pertama biasanya yang nulis hahahahaha
Harap gunakan teks biasa.